Drainase Tersumbat Dalam Kota Segera Ditangani

0
154
Kondisi drainase di Jalan Zebra, Palu Selatan, yang tergenang air dan sampah, Jumat (13/7). Drainase ini satu dari beberapa lokasi yang menjadi prioritas untuk dikerjakan oleh tim PU Kota Palu. (Foto: Mugni Supardi)

PALU – Tim penanganan drainase tersumbat bentukan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu akan segera menangani drainase yang bermasalah di Kota Palu. Tim penanganan yang sudah dibentuk pada minggu lalu akan segera bekerja dan diusahakan dapat menyelesaikan masalah drainase.

“Hari ini (kemarin) saya langsung tindaki melalui rapat bersama dengan tim penanggulangan saluran drainase yang bermasalah, dan Insya Allah satu dua hari ke depan sudah bisa action mereka,” ungkap Kabid Cipta Karya dan Sumber Daya Air (SDA) PU Kota Palu Ismayadin Parigade, Jumat (13/7).

Ismayadin mengungkapkan, rapat tersebut dilakukan semata-mata untuk memperjelas drainase mana saja yang menjadi prioritas utama untuk dikerjakan.

“Kita sudah survei satu dua hari sebelumnya tentang mana saja yang menjadi prioritas utama untuk dikerjakan, sebelum kita mengadakan rapat dengan tim penanganan hari ini (kemarin),” sebutnya.

Kemudian untuk lokasi saluran drainase yang menjadi prioritas untuk dikerjakan di antaranya, sekitaran jalan Zebra, jalan Diponegoro, lokasi pasar Inpres, serta di jalan Tembang kecamatan Palu Barat kota Palu.

“Saluran drainase ini menjadi prioritas yang akan dikerjakan oleh tim penanganan dalam satu dua hari ke depan, sesuai dengan tingkat penanganan yang bisa dikerjakan terlebih dahulu,” bebernya.

Sementara untuk penanganan atas saluran drainase yang bermasalah di beberapa titik tersebut, hal yang paling mendasar dalam penanganannya yakni dengan mengangkat sedimentasi dan tumpukan sampah yang ada di saluran drainase tadi.

“Pokok dari pekerjaan ini terfokus dengan pengangkatan sampah dan pengangkutan sedimentasi yang tebal, karena aliran air tidak mengalir di saluran drainase itu karena biasanya tersumbat akibat dari di tahan oleh banyaknya sedimentasi dan tumpukan sampah,” demikian Ismayadin.(zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.