Lagi, Oknum Anggota Polres Sigi Diduga Pukuli Tahanan

0
269

SIGI – Seperti tidak belajar dari kesalahan sebelumnya, oknum anggota Polres Sigi diduga kembali memukul salah seorang tahanan yang tengah atau sementara menjalani proses hukum,di Polres Sigi.

Ilustrasi (@merdeka.com)

Adalah HO, itulah tahan Polres Sigi yang diduga kembali mengalami tindak kekerasan aparat kepolisian. Dugaan pemukulan tahanan itu diungkapkan langsung orang tua HO.

“Bukannya hukum di negara ini jelas. Kalau  berbuat ini kan ada ancaman hukumannya kenapa harus dianiaya dan disiksa lagi,” ungkap Sri Hartati Sardani, ibu kandung HO.

Sebagai orang tua, Sri Hartati Sardani sangat tidak menerima dengan tindakan oknum polisi yang tega menyiksa buah hatinya.

Untung saja dia datang membesuk sehingga mengetahui kejadian yang dialami HO.

“Terkejut karena memperoleh informasi bahwa anak kami alami kekerasan fisik,” ceritanya lagi.

Dari informasi yang didapati Sri Hartati, putranya dianiaya oleh sedikitnya dua oknum anggota. Tindak kekerasan fisik itu, tidak hanya diketahuinya langsung dari HO. Beberapa tahanan juga membenarkan perlakuan tak terpuji tersebut. Tentunya mereka tahanan yang menyaksikan HO dianiaya.

“Informasi itu juga disampaikan oleh tahanan lain yang melihat dan menyaksikan langsung HO dipukuli,” sebutnya lagi.

Mengetahui akan hal itu, Sri langsung meminta penjelasan dan protes terhadap seluruh anggota Polres Sigi. Bahkan kejadian yang dialami HO telah dilaporkannya ke Propam Polres Sigi. Ia meminta agar pihak Provost Polres Sigi mengusut tuntas, serta memberi sanksi terhadap oknum personil tersebut.

“Saya tidak mau cabut laporan saya ke Provost, bahkan saya akan melaporkan hal ini ke Polda Sulteng, agar anggota yang lukai anak saya dihukum,” terangnya.

Dikonfirmasi, Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri mengakui bahwa personilnya menyentil hidung tahanan HO. Namun ia membantah jika personilnya memukul HO. Meski demikian, Kapolres tetap melayani laporan orangtua HO dan memproses sesuai ketentuan.

“Tidak ada bekas luka di wajah yang bersangkutan, bisa silakan dicek. Tetapi kami tetap proses laporan itu dan akan memberi sanksi sesuai tingkat kesalahan personil saya,” jelasnya.

Diketahui tahanan berinisial HO dipukuli saat acara peringatan HUT Bhayangkara yang berlangsung di  Polres Sigi, Kamis (12/7). HO sendiri saat ini menjalani proses hukum karena terjerat tindak pidana ringan (tipiring) kasus dugaan penganiayaan. (ndr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.