Jalan Sumara Jaya-Malino Sudah Bisa Dilalui Mobil

0
103

PALU – Amblasnya jalan poros Sumara Jaya – Malino, Selasa (10/7) pagi lalu di Kecamatan Soyo Jaya Kabupaten Morowali Utara dan sempat tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, kini sudah bisa dilalui.

Alat berat milik Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Sulteng yang disiapkan untuk mengerjakan jalan darurat di poros jalan Sumara Jaya- Malino, Kabupaten Morowali Utara. (Foto: Istimewa)

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Sulawesi Tengah, Ir. H. Syaifullah Djafar, M.Si, dihubungi, Senin (16/7) mengatakan,  yang dilakukan sekarang adalah siifatnya penanganan darurat, agar supaya jalur transportasi segera berfungsi.  “Yang terpenting agar kendaraan bisa lewat dulu. Setelah ini akan dilakukan perbaikan-perbaikan yang sifatnya permanen,” jelasnya.

Senada dengan itu PPTK Dinas BMPR wilayah Morut, Deden menjelaskan, satu unit alat berat jenis excavator diturunkan ke lokasi longsor untuk melakukan penanganan agar akses jalan bisa dilalui kendaraan.

“Alhamdulillah sejak kemarin kendaraan roda empat juga sudah bisa lewat,” katanya.

Menurut Deden, langkah sementara yang akan dilakukan dalam penanganan jalan poros Sumara Jaya – Malino yakni, dilebarkan lagi pada sisi kanan jalan atau mengeruk sisi bukit untuk dijadikan jalan darurat agar akses jalan bisa cepat terhubung.

Sambil menunggu anggaran, sementara kami buatkan jalan dengan mengeruk sisi kanan bukit untuk dijadikan jalan. “Karena untuk jalan lama sudah tidak memungkinkan digunakan karena cukup parah kerusakannya. Alat berat juga masih kami siagakan, jika sewaktu-waktu terjadi longsor lagi,” pungkasnya. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.