Central Celebes Of Event dan TdCC Diluncurkan

0
196
Menteri Pariwisata Arif Yahya, Gubernur H Longki Djanggola, Ketua DPRD Sulteng H Aminuddin Ponulele serta beberapa pejabat Kemenpar menabuh gimba bersama pada acara peluncuran Calendar Of Event Central Celebes 2018 dan TdCC di Kementerian Pariwisata, Selasa, (17/7). (Foto: awal)

JAKARTA– Tour de Central Celebes (TdCC) 2018 resmi diluncurkan bersamaan dengan beberapa iven di kabupaten/kota sepanjang tahun 2018. Launching yang dikemas dalam Calendar Of Event Central Celebes 2018 ini berlangsung meriah, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Selasa, (17/7).

Menteri Pariwisata Arif Yahya hadir me-launching Calendar Of Event  Central Celebes dan TdCC. Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola hadir bersama Ketua DPRD Aminuddin Ponulele, Sekjen ISSI dan para bupati/wali kota yang dilalui TdCC.

Adapun calendar event selain TdCC yang diluncurkan  adalah Festival Palu Nomoni, Festival Pesona Lipuku di Ampana, Togean Internasional Oceanic, festival Danau Poso, Festival Pulo dua di Banggai, serta Festival Teluk Tomori.
Tarian dari Balantak, Kabupaten Banggai menjadi pembuka acara. Kabupaten Banggai juga akan menjadi titik star etape pertama menuju Kabupaten Tojo Una-una.

Selain itu, Kota Palu juga menampilkan kesenian musik tradisional  teku-teku yang menjadi salah satu ragam budaya Sulawesi Tengah. Teku-teku adalah alat musik tradisonal yang terbuat dari bambu dimainkan dengan memukul dipadukan dengan pukulan gimba atau gendang dan kakula. Kesenian ini dimainkan sejumlah anak usia SMP.

“Teku-teku ini mengingatkan saya pada gerhana matahari total. Karena kami lombakan beberapa daerah yang dilalui gerhana matahari total, Sulteng dengan kota Palu yang terbaik destinasinya,” ungkap Menteri Pariwisata.

Fenomena gerhana matahari total 2016, lanjut Menteri, membukti Sulteng mampu menyuguhkan kegiatan wisata kelas dunia.

“Ketika itu saya katakan kami siap mendukung Palu Go Internasional,” kata Menpar.

Acara itu diakhiri dengan  tarian modero masal yang diikuti para undangan yang hadir. Gubernur H Longki Djanggola dan beberapa pejabat tampak ikut berbaur menari modero.(awl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.