Workshop Jurnal Online di Unismuh  Palu akan Berkelanjutan    

0
223

PALU – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Sabtu (14/7) lalu menggelar Workshop Jurnal Online yang dipusatkan di Aula Kampus Unismuh Palu. Kegiatan yang diikuti sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Sulteng itu dirangkaikan dengan pelantikan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Sulawesi Tengah.

Koordinator Pusat RJI, Andri Putra Koesmawan melantik pengurus Daerah Relawan Jurnal Indonesia Sulteng, Sabtu (14/7) yang dipusatkan di Aula Unismuh Palu. (Foto: Fery)

Pelantikan itu dilakukan langsung oleh Ketua Koordinator Pusat Relawan Jurnal Indonesia Andri Putra Koesmawan SIP MIP. Adapun Ketua Koordinator Daerah Relawan Jurnal Indonesia Sulteng yang dilantik adalah Ahmad Yani SKM MKes yang juga Pengelola Jurnal Unismuh Palu. Selain itu, Dr Rafiuddin Nurdin selaku Panasehat Relawan Jurnal Indonesia Daerah Sulawesi Tengah juga dilantik oleh Ketua Koordinator Pusat Relawan Jurnal Indonesia Andri Putra Koesmawan SIP MIP. Dr Rafiuddin Nurdin adalah Wakil Rektor I Unismuh Palu.

Ketua Koordinator Daerah Relawan Jurnal Indonesia Sulteng, Ahmad Yani mengatakan, kegiatan workshop itu guna meningkatkan kemampuan penulisan dan publikasi Jurnal hasil penelitian dosen, tidak saja dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, tetapi dosen perguruan tinggi di Sulteng, baik PTN maupun PTS. “Anggota RJI Sulawesi Tengah adalah semua Dosen perguruan tinggi di Sulteng,” jelasnya.

Ahmad Yani berharap, Workshop tersebut akan memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi dosen untuk tidak mengesampingkan penelitian dan pengabdian, sebagai syarat pemenuhan tuntutan Tri Dharma Perguruan tinggi, yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Hasil penelitian itu harus dipublikasikan dalam bentuk jurnal ilmiah. “Maka itulah, kami mendorong dosen untuk memperhatikan penulisan dan publikasi jurnal, karena hasil-hasil penelitian harus dipublikasikan dalam bentuk jurnal, salah satunya dalam bentuk jurnal Online. Penelitian dan jurnal tidak hanya bermanfaat bagi dosen tetapi juga sangat bermanfaat bagi perhuruan tinggi dimana dosen itu mengajar,” tandasnya.

Kegiatan workshop itu, dibuka oleh Rektor Unismuh Palu, Dr H Rajindra SE MM. Dalam amanahnya, Rektor berpesan kepada peserta agar melalui Workshop dapat meningkatkan  pengetahuan cara penulisan jurnal yang baik dan tepat, dan juga proses publikasinya juga tepat.

Rajindra berharap, kegiatan itu menjadi perhatian bersama bagi seluruh dosen, khususnya Dosen Unismuh Palu. “Kegiatan kita ini akan berkelanjutan, Kita di Unismuh Palu bakal terus menggelar pelatihan atau workshop. Kegiatannya tetap akan terbuka untuk perguruan tinggi lain yang mau bergabung. Tidak hanya internal akademisi Unismuh Palu saja, tetapi juga dari luar,” pungkasnya.(fer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.