Perseka Kaimana Berbagi Poin dengan Persbul Buol

0
419

PALU – Celebest FC, kini harus bernafas lega. Pasalnya, hasil pertandingan laga kedua Liga 3 Nasional Group 8 antara Persbul Buol dan Perseka Kaimana berbagi poin dalam laga yang di gelar di Stadion Gawalise Kota Palu, Rabu (1/8).

Bek Persbul Buol, Imam Saputra (kiri) menjaga ketat penyerang Perseka Kaimana Fikram Farit Nasela saat kedua tim bertemu di Stadion Gawalise Palu lanjutan Liga 3 Nasional, Rabu (1/8). (Foto: mugni Supardi)

Dalam pertandingan tersebut, Persbul Buol tampil cukup apik. Tim berjuluk ‘’Laskar Pogogul’’ tersebut  memainkan umpan-umpan pendek yang kerap kali merepotkan lini belakang Perseka Kaimana. Meskipun begitu, dengan skill individu di atas rata-rata, dan mengandalkan serangan balik, beberapa peluang juga di ciptakan pemain Perseka Kaimana.

Pemain Perseka Kaimana, sempat menggetarkan jaring gawang Persbul Buol hanya saja, goal tersebut di anulir wasit, karena sebelumnya pemain tersebut berada dalam posisi offside. Babak pertama, Perseka Kaimana nyaris saja kembali unggul andai saja tendangan titik putih yang dieksekusi pemain dengan nomor punggung 9 Sahrul Umarela tidak mengenai tiang gawang yang di jaga Cipto Bedu.

Hingga pluit panjang babak pertama, tidak ada goal yang tercipta.Setelah turun minum, kedua tim tersebut saling jual beli serangan, dengan tempo tinggi kerap kali peluang-peluang tercipta hanya saja penyelesaian akhir masih menjadi permasalahan kedua tim ini.

Keasikan menyerang, Persbul Buol lupa akan lini belakangnya sehingga bisa dimanfaatkan pemain Perseka Kaimana, tepatnya pada menit ke 61, pemain bernomor punggung 9 Sahrul Umarella berhasil menggetarkan jala gawang Persbul Buol yang di jaga oleh Cipto Bedu.

Gol tersebut tercipta dari serangan balik yang di bangun dari sisi sayap kanan pemain yang bernomor punggung 7 M Rivaldi Tawainela. Rivaldi mengirimkan umpan silang kepada Sahrul sehingga terciptanya gol. Namun akibat goal tersebut laga sempat di hentikan beberapa menit.

Pasalnya, para pemain Persbul Buol enggan menerima keputusan hakim garis, aksi protes tersebut dilakukan karena menganggap pemain Perseka Kaimana telah lebih dulu terperangkap offside sebelum mencetak goal.

Setelah terjadinya adu mulut selama beberapa menit, pertandingan kembali dilanjutkan dengan keunggulan 1-0 untuk Perseka Kaimana. Mendekati akhir laga babak kedua, Pemain Persbul Buol bernomor punggung 2 Muh. Nurchaaq. B  mengubah kedudukan menjadi 1 – 1. Gol tersebut tercipta akibat pelanggaran yang dilakukan pemain Perseka Kaimana di dalam kotak 16 besar pada menit ke 90+1, sehingga wasit menunjuk titik putih.

Pelatih Perseka Kaimana, Mial Balebata Armand, mengatakan jika skuadnya telah disiapkan selama satu minggu untuk menghadapi laga melawan Persbul Buol, laga ini juga kata dia merupakan laga resmi perdana bagi skuadnya sehingga masih banyak kesalahan-kesalahan teknis.

“Tentunya dari hasil pertandingan tadi, akan menjadi bahan evaluasi kedepannya. Karena banyak faktor juga seperti kecapean dan lain sebaginya,” ungkapnya saat konferensi pers.

Menanggapi, hasil pertandingan akhir di group 8 ini, asisten pelatih Persbul Buol  Zulkarnain mengungkapkan jika dalam pertandingan tersebut, Persbul Buol sudah tampil sesuai dengan strategi yang diinginkan oleh pelatih kepala, namun kontroversi gol di babak kedua yang membuat para pemain sedikit frustrasi.

“Permainan anak-anak di lapangan cukup baik, hanya saja kurangnya penyelesaian akhir yang menjadi kendalanya, kedepanya di putaran kedua kami akan menambah beberapa striker, agar  tim kami lebih banyak menciptakan gol,” ungkapnya.

Dari hasil pertandingan kemarin, Celebest FC masih memuncaki klasemen sementara dengan poin 3 atas kemenangan saat melawan Persbul Buol beberapa hari yang lalu, sementara itu, Perseka Kaimana membuntuti Celebest FC di peringkat kedua dengan poin satu dan Persbul Buol tertahan di posisi ketiga.

Grup 8 liga 3 Nasional sendiri, sebenarnya di huni oleh 5 club yakni, Celebest FC, Perseka Kaimana,dan Persbul Buol, namun karena lain hal kedua club lainya yakni Yakuhimo dan Persigubin dinyatakan mundur dari kompetisi ini, sehingga hanya ada tiga club yang akan memperebutkan tiket di grup 8 untuk melaju ke putaran selanjutnya.

Pertandingan  terakhir Grub 8 liga 3 Nasional, yang mempertemukan Celebest FC dan Perseka Kaimana akan digelar pada tanggal 4 Agustus 2018 di stadion Gawalise Kota Palu. (win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.