Dewan Khawatirkan RS Anutapura akan Kolaps

0
822

PALU – Pendapatan Rumah Sakit (RS) Anutapura mengalami penurunan yang cukup siginifikan. Bahkan menurut Anggota Komisi DPRD Rizal Dg Sewang SPdI MPdI bahkan menyatakan RS Anutatupura kini terancam kolaps.

Rizal Dg Sewang (Foto: Zainudin Jacub)

“Itu yang dikhawatirkan, karena Pendapatannya kini tinggal 40 persen dari target,” kata Rizal usai rapat dengan Pihak RS Anutapura kemarin.

Salah satu penyebab turunnya pendapatan RS Anutapura, adalah terkait dengan sistem rujukan BPJS Kesehatan. Persoalan ini kata Rizal yang harus diperbaiki supaya RS Anutapura tetap bisa bertahan.

Apalagi ketika pendapatannya menurun, biaya operasional dan layanan medis justru tidak mengalami perubahan. Masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Anggota DPRD Palu lainnya Rusman Ramli sebelumnya pernah menyatakan, menurunnya pendapatan RSU Anutapura karena pasien lebih senang dirujuk ke Rumah Sakit Undata dari pada ke Anutapura.

Itulah sebabnya sejumlah Rumah Sakit Tipe C di Palu lebih memilih merujuk pasiennya ke Undata dari pada ke Anutapura.

“Itu tidak bisa dilarang, sebab alur dari BPJS Rujukan Rumah Sakit Tipe C adalah ke Rumah Sakit Tipe B entah Undata atau Anutapura,” jelasnya.

Data yang diterima DPRD Palu, pada tahun ini pendapatan Anutapura dalam sebulan tinggal  Rp7miliar. Padahal sebelum sistem rujukan BPJS, pendapatan Anutapura berada pada angka Rp12miliar.(zai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.