Enam Nama Disebut Punya Kans Pimpin Tapak Suci Sulteng

0
150
DOK PANITIA
CALON KETUA: Dari kiri ke kanan, Muh Rizal Masdul, Anto Pilanto, Abd Wahid Mardani foto bersama dengan Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Tapak Suci, Andi Ansyar Cakra SH, PKA.

POSO – Beberapa nama mulai mencuat dan disebut-sebut memiliki kans untuk menjadi Ketua Pimpinan Wilayah Tapak Suci Putera Muhammadiyah Sulteng, periode lima tahun mendatang. Rencananya, Muswil salah satu Ortom Muhammadiyah ini, akan dibuka Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulteng, pagi ini di Kota Poso.

“Mencuat nama Sekretaris Majelis Olahraga dan Seni Budaya PW Muhammadiyah Sulteng, Muh Rizal Masdul, Sekretaris Tapak Suci Sulteng saat ini, Abdul Wahid Mardani, Dekan FAI Unismuh Luwuk, Suma K Saleh, Pendekar Anto Pilanto, Pendekar Anusin P Omolu dan Asnawir SPdI,”kata sumber yang enggan namanya dikorankan.

Menurut sumber, dari nama-nama yang mencuat di arena Pra Muswil itu, ada dua nama yang dinilai cukup kuat untuk bersaing memperebutkan jabatan Ketua Umum Tapak Suci Sulteng periode lima tahun kedepan.

“Arah dukungan peserta sepertinya mengarah ke Pak Rizal Masdul dan Kanda Pendekar Abd Wahid Mardani. Tapi biasanya ada kuda hitam, tergantung dinamika di Muswil,”katanya.

Menurut sumber, mengutip pernyataan beberapa utusan daerah yang mendukung Rizal Masdul sebagai Ketua Tapak Suci, bahwa dari 13 Pimpinan Daerah, sebagian besar mendukung sosok yang juga Wakil Dekan II Fakultas Agama Islam Unismuh Palu, sekaligus Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulteng tersebut.

“Tapi lumrah dalam perhelatan seperti ini, klaim mengklaim. Insya Allah kami tetap dalam jalinan persaudaraan. Siapa pun yang nantinya diberikan amanah memimpin Tapak Suci, teman-teman akan sami’na wa ata’na,”kata sumber.

Dikonfirmasi terpisah, Muh Rizal Masdul MPd, masih enggan menyampaikan sikapnya untuk maju dalam pemilihan Ketua Umum. Disebut ada beberapa Pimpinan Daerah yang siap mendukung, Rizal juga masih memberikan jawaban diplomatis.

“Kalau diberikan amanah, sebagai kader Muhammadiyah tidak boleh menolak. Tetapi sebagai kader pula, kita jangan sampai mengemis jabatan,”tegasnya ditemui di arena Muswil sore kemarin.

Demikian pula soal informasi dukungan Pimpinan Daerah, Rizal tidak mau menjawabnya secara terbuka. “Saya juga baru dengar-dengar. Tidak elok kita klaim-mengklaim. Tapi kalau memang ada yang mendukung, sekali lagi, sebagai kader, pantang surut langkah ke belakang,”tegas mantan Ketua DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sulteng ini mantap.

Menurut rencana, pembukaan Muswil Tapak Suci, akan dilakukan di gedung olahraga Poso Selasa pagi ini. Diperkirakan, peserta muswil dan kejurwil berjumlah sekitar 275 peserta dari 13 pimpinan daerah se-Sulteng.

Malam tadi, sudah dilakukan pleno, untuk menentukan 21 calon formatur, diwakili pengurus pimpinan wilayah dan perwakilan pimpinan daerah masing-masing dua orang.

Muswil Tapak Suci Putera Muhammadiyah Sulteng, dihadiri Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Tapak Suci, Andi Ansyar Cakra SH PKA Wijaya dan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Tapak Suci H. Fanan Hasasanudin PUA.(hnf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.