DPD KNPI Poso Kirim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan

0
75
FOTO: BUDIYANTOWIHARTO
BANTU PEMULIHAN: Sebagian relawan DPD KNPI Poso yang diberangkatkan ke Palu.

POSO- Gempa berkekuatan 7,4 SR yang mengguncang Kabupaten Donggala dan Kota Palu yang disertai tsunami pada Jumat (29/9) memantik keperihatinan masyarakat Poso.

Sebagai wujudnya, masyarakat dan sejumlah organisasi melakukan penggalangan dan pengumpulan bantuan, baik sandang, pangan maupun uang. Tak hanya dijalan-jalan utama dalam kota, donasi bantuan untuk para korban bencana gempa dan tsunami juga dikumpulkan melalui sekolah-sekolah (PAUD-SMA), perkantoran, hingga kerumah-rumah warga di kampung dan desa.

Salah satu organisasi yang aktif dalam kegiatan kemanusiaan untuk bencana gempa tsunami Palu dan Donggala adalah DPD KNPI Poso. Ketua DPD KNPI Poso, Faidul Keteng, mengatakan organisasi yang dipimpinnya telah mengirim relawan dan bantuan sandang pangan ke Palu. Relawan yang dikirim akan bergabung bersama relawan dari daerah lain untuk membantu proses evakuasi korban gempa dan tsunami.

“Kami sangat merasakan duka yang saudara-saudara kita alami di Palu, Donggala dan Sigi. Sebagai wujud empati, KNPI Poso berusaha sebisa mungkin untuk membantu korban disana,” ungkap Faidul di dampingi pengurus KNPI, Pepen Zakaria.

Untuk bantuan sandang dan pangan, DPD KNPI Poso akan langsung mendistribusikan langsung ke titik lokasi pengungsian. Jenis bantuan barang yang dikirim ke palu menggunakan mobil pikap tersebut terdiri dari 5 karung beras, 100 dos mie instan, 70 dos air mineral, gula/kopi/teh, popok bayi, pakaian bekas, dan ikan sarden. “Kenapa orang Poso sangat peduli gempa Palu dan Donggala? Karena orang Poso juga pernah mengalami bencana besar, yaitu konflik komunal tahun 2000 silam.

Meski jenis bencananya beda, tapi pendeitaan akibat konflik juga sangat dirasakan warga Poso saat itu yang hidup di tempat-tempat pengungsian,” ujar Pepen.

Dia berharap, bantuan dari KNPI Poso akan dapat meringankan beban kebutuhan sandang dan pangan para korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Menurutnya, KNPI Poso masih tetap bekerja mencari dan mengumpulkan bantuan susulan. (bud)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.