POSO- Seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di pemerintahan kabupaten (pemkab) Poso telah meneken pernyataan komitmen kesanggupan untuk menyelesaikan inventarisasi barang milik daerah (BMD) pada OPD yang dipimpinnya.

Pernyataan komitmen yang diteken dihadapan Bupati Darmin Sigilipu dan Wabup Samsuri ini memiliki syarat dan konsekuensi yang sangat besar. Yaitu siap mundur dari jabatan jika gagal menginventarisasi semua aset yang dalam penguasaan/milik OPD-nya.

“Langkah ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana kesungguhan dan tanggung jawab setiap kepala OPD, Kabag dan para Camat dalam menyelesaikan inventarisasi barang milik daerah. Hal ini berkaitan dengan rekomendasi BPK terhadap pemerintah kabupaten Poso, dimana masih ada sejumlah barang milik daerah yang belum terinventaris secara baik,” kata Kabag Humas Pemkab Poso, Armol Songko, soal penandatanganan komitmen penuntasan inventaris BMD OPD, Kamis kemarin (4/10).

Komitmen yang diteken para kepala OPD untuk kesanggupan menyelesaikan inventarisasi BMD sangat kuat. Sebab isi pernyataan komitmen itu memuat tentang jangka waktu penyelesaian yang disepakati dan di isi sendiri oleh masing-masing kepala OPD.

“Jika perjanjian komitmen yang sudah dibuat sendiri dan ditandatangani tidak dapat dilaksanakan, maka bupati-wabup akan mengevaluasi dan mengambil langkah tegas. Jika perlu kepala OPD yang bersangkutan sebaiknya mengundurkan diri,” jelas Armol.

Sanksi mundur dari jabatan karena gagal memenuhi janji menertibkan asetnya merupakan sebuah konsekuensi dari sebuah tugas untuk Poso yang lebih baik.

“Sebab bagaimanapun juga masyarakat menantikan hasil kerja nyata dari kita semua . Bukan sekedar omong belaka,” sebut Armol menirukan ucapan tegas Bupati Darmin. “Dikatakan bupati, jika pd tahun 2018 kita belum bisa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), maka tahun 2019 yang akan datang tidak ada alasan kita harus bisa meraih WTP,” lanjut Kabag Humas.

Supaya komitmen penyelesaian inventarisasi aset BMD dapat terwujud, masih kata Kabag Armol, Bupati meminta semua kepala OPD, Kabag dan Camat bekerja dengan baik dan sunguh-sungguh. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.