Pemkab Data Pengungsi Korban Gempa Tsunami Di Poso

0
105
FOTO: BUDIYANTO WIHARTO/RADAR SULTENG
BAHAS PENGUNGSI: Rakor Pemkab dan Tomas Soal Penanganan Pengungsi Gempa-Tsunami Palu-Donggala.

POSO- Ribuan warga Palu, Sigi dan Donggala memilih eksodus pasca terjadinya gempa bermagnetido 7.4 SR yang melanda daerahnya pada Jumat (29/9) silam. Sujumlah daerah menjadi pun tujuan “mengungsi” mereka, termasuk Poso.

Di Poso, pengungsi korban gempa dan tsunami tersebar dihampir semua kecamatan. Mereka ada yang menumpang tinggal dirumah-rumah saudara, dan ada yang dirumah kerabat atau temannya.
Untuk memastikan semua pengungsi terfasilitasi dan terlayani dengan baik, pemkab Poso akan melakukan pendataan pengungsi mulai hari ini. Saat memimpin rapat koordinasi bersama Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Kepala OPD, Bupati Darmin Sigilipu mengatakan pendataan pengungsi akan melibatkan ketua RT di setiap desa/kelurahan. Ini dimaksudkan agar data pengungsi yang dihasilkan nanti akurat.

“Perkembangam arus pengungsi yang ke Poso pasca gempa yang melanda Palu-Donggala perlu mendapat perhatian khusus melalui langkah-langkah penanganan yang lebih tepat,” jelasnya.

Sejumlah tokoh agama dan masyarakat memberi masukan terkait penanganan pengungsi gempa yang sekarang ada di Poso.

Ustad Adnan Arsal, contohnya. Dia berpendapat soal pentingnya pendataan pengungsi demi untuk memudahkan penanganan terutama bagi mereka yang tidak mempunyai keluarga di Poso. Karena itu menurut tokoh muslim ini perlu dibentuk tim pendataan yang dilakukan oleh RT, RW dan kelurahan. Sehingga keberadaan pengungsi di Poso jelas dan mudah dikenali.

Sementara Ketua MUI Poso Hi Arifin Tuamaka meminta para tokoh agama memberikan pencerahan kepada umatnya agar tetap tabah dan tetap taat pada Tuhan YME.

“Saya mengajak agar semua warga Poso dengan lapang dada menerima para pengungsi dengan baik. Namun tentu harus dilaporkan kepada pemerintah setempat untuk didata guna memudahkan pemantauan dan pengawasan,” seru ketua FKUB Poso, Hi Yusuf Runa dirakor.

Sementara Kapolres AKBP Bogiek Sugiyarto menyatakan siap mendukung apa saja yang menjadi program pemerintah kabupaten dalam menangani pengungsi korban gempa di Poso. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.