Anak Korban Gempa Mulai Dihilangkan Traumanya

0
139
FOTO: MUGNI SUPARDI/RADAR SULTENG
TRAUMA HEALING: Anak-anak korban gempa bumi berkumpul di lapangan Padende, Sigi, Sulawesi Tengah.

PALU – Sekitar puluhan anak-anak korban gempa bumi bermain bersama untuk menghilangkan rasa trauma di lapangan sepak bola Desa Padende, Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (4/10) lalu. Kegiatan ini dilakukan bersama rekan-rekan dari Wahana Visi Indonesia Sulawesi Tengah.

Sabrina, Manager Area Palu, Sigi, Donggala WVI, mengatakan anak-anak belajar untuk mendengarkan cerita anak lain dan belajar untuk bercerita tentang kejadian gempa yang mereka alami. Belajar untuk berbagi kepada anak-anak yang juga mengalami hal yang sama.

“Di sini mereka cukup terbuka menyampaikan unek-uneknya, selain itu ada anak masih trauma akan gempa, itu terlihat ketika di desa Lolu Sigi, anak-anak lari karena gempa ketika kegiatan seperti ini berlangsung, ada juga anak hanya terdiam di ruangan dengan tatapan kosong,” kata Sabrina.

Lanjut Sabrina, setelah melakukan interaksi dengan beberapa anak di Desa Padende, Sigi, menanyakan apakah masih ada rasa takut, anak-anak menjawab masih ada. Kegiatan ini akan dilakukan dilokasi yang sama sekali dalam seminggu, dengan durasi sekitar 30 menit.

“Hari ini kita buat mereka beraktivitas, bermain bersama, membuat mereka bahagia dan senang, sejenak melupakan peristiwa kemarin, dan berharap ini bisa menjadi trauma healing bagi mereka,” jelas Sabrina.

Kata Sabrina, saat ini program dari WVI yang sedang berjalan masih berbicara tentang bagaimana perlindungan anak. Ke depannya dia berharap WVI juga bisa melakukan kegiatan terkait dengan kesehatan dan nutrisi anak.

Dilain sisi sebut Sabrina, juga dengan adanya bencana ini, mata pencarian orang tua akan terganggu pastinya, karena kebanyakan adalah para pekerja di Kota Palu.

“Banyak toko yang masih tutup, pengusaha lari, mereka tidak punya mata pencarian. Kita mempunyai kegiatan terkait pengembangan ekonomi dan manajemen posko, ada beberapa kita lihat poskonya tidak tertata dengan baik, kita juga berharap bisa melakukan distribusi bantuan kepada masyarakat,” terang Sabrina. (acm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.