Anggota Dewan Tolak Kehadiran Wawali

0
555
FOTO: ZAINUDIN JACUB
BER KETERANGAN: Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said saat memberikan keterangan usai kehadirannya ditolak oleh anggota dewan Kota Palu.

PALU – Anggota DPRD Palu menolak kehadiran Wakil Walikota (Wawali) Sigit Purnomo Said, dalam hearing yang menyoal lambannya penyaluran bantuan untuk korban gempa dan tsunami.

Anggota dewan meminta Walikota Hidayatyang dihadirkan dalam hearing.
Anggota DPRD Palu dari Fraksi Golkar Muhammad Rum menyatakan, ia ingin Walikota yang langsung hadir dalam hearing.
Permintaan yang disampaikan yang sama disampaikan Hamsir yang menyatakan tidak ada guna Wawali hadir dalam hearing.

“Karena Wakil Wali Kota tidak bisa mengambil keputusan, makanya kita minta Walikota yang dihadirkan,”ujar Hamsir dari Fraksi Hanura.

Penolakan yang sama disampaikan anggota dewan dari Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat dan Fraksi Restorasi Pembangunan.
Meskipun ada penolakan dari anggota dewan.Namun Ketua DPRD Ishak Cae tetap ingin memberikan dulu berada dimana Walikota. Namun anggota menolak permintaan Ishak.

Teriakan turunkan Walikota dan Wakil Walikota terus terdengar selama hearing berlangsung.

Karena melihat sikap Ishak Ishak Cae , Anggota DPRD Rusman Ramli memutuskan Walkout.

Tidak lama kemudian Wakil Ketua DPRD Erfandy Suyuti angkat bicara. “Kalau wali Kota tidak hadir sebaiknya kita skor rapatnya.Tapi kalau ketua ngotot maka saya dan kawan akan walkout dari sidang,” kata Erfandy.

Langkah Erfandy akhirnya diikuti seluruh anggota dewan. Karena tinggal Ishak yang berada di ruang akhirnya dia memilih menskorsing rapat.

Sementara Wawali yang dihubungi wartawan usai hearing, mengatakan jika dia dianggap tidak maksimal dalam penanganan pasca bencana ia siap diturunkan.”Atau mundur secara terhormat itu tidak masalah bagi saya,”kata Sigit.

Setelah hearing masyarakat yang hadir dalam hearing menggalang tanda tangan mosi tidak percaya kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Ada 16 anggota dewan yang membubuhkan tanda tangan mosi tidak percaya. Sementara spanduk yang ditandangani tersebut takan ikut dibawa dalam demo besar yang akan digelar pada Jumat.(zai)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.