Sambut Natal, Dishub Sulteng Gelar Mudik Gratis

0
148
FOTO: AGUNG/RADAR SULTENG
Sumarno

PALU – Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah, kembali membuka pendaftartan Mudik Gratis dalam rangka Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Pendaftaran sendiri mulai dibuka 6 Desember esok dan bakal berakhir hingga 19 Desember 2018 mendatang.

Kepada Radar Sulteng, Kepala Bidang Angkutan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dishub Sulteng, Sumarno, yang didampingi Kepala Seksi Prasarana Angkutan dan Perkeretaapian, Made Sudita, Selasa (4/12) kemarin mengungkapkan, pihaknya menyiapkan 256 seat angkutan dara untuk Mudik Gratis tahun ini.

Adapun daerah yang menjadi tujuan Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru, masing-masing ; Poso, Tentena, Morowali Utara, Morowali, Banggai, Balut, Bangkep, Tolitoli hingga Buol. “Rutenya masih sama, masih di dalam wilayah Sulawesi Tengah,” jelas Sumarno.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, melalui Dishub, lanjut dia, konsisten sejak tiga tahun yang lalu mengadakan program Mudik Gratis ini. Hal itu menurut dia, bentuk dari tanggungjawab pemerintah, dalam menciptakan suasana mudik yang berkeselamatan.

“Kan lebih baik naik angkutan umum, dari pada naik sepeda motor saat mudik, apalagi ini gratis. Keselamatannya pun kami jamin, karena seluruh armada yang dilibatkan kita lakukan ram cek termasuk supirnya kami periksa kesehatannya,” ungkapnya.

Selain mengandalkan APBD, Dishub juga telah mengajukan proposal ke sejumlah pihak swasta, seperti perbankan. Seperti sebelum-sebelumnya, sponsor tetap program Mudik Gratis ini, yakni Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulteng, kerap ikut terlibat, sehingga jumlah seat atau kuota pendaftar mudik gratis ini bisa saja bertambah.

“Kami pun berharap pihak perbankan lainnya yang kami sudah ajukan proposal ikut berpartisipasi, ini semua tidak lain untuk kepentingan masyarakat Sulawesi Tengah,” tandas Sumarno. Untuk jadwal keberangkatan sendiri, seluruhnya serentak dilepas tanggal 20 Desember mendatang. (agg)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.